Jumat, 04 September 2020

5 Tips Merawat Print Masker Agar Awet dan Tidak Pudar


5 Tips Merawat Print Masker Agar Awet dan Tidak Pudar

Memasuki era new normal, masyarakat tetap diimbau untuk menggunakan masker selama berktivitas di luar rumah. Dengan menggunakan masker kain, maka anda tidak harus selalu membeli masker baru, karena masker jenis ini bisa dicuci. Namun anda harus merawat dengan benar alat pelindung mulut yang terbuat dari kain tersebut, agar tetap bagus dan bermanfaat. Yuk simak beberapa tips merawat print masker kain agar tidak pudar dan tetap awet.

Cara Merawat Masker dengan Benar

1. Simpan di Tempat yang Bersih

Hal pertama yang perlu anda perhatikan jika ingin masker anda awet yaitu tempat penyimpanannya. Pasalnya masker yang sudah dicucui bersih pun bisa saja tertempel bakteri atau virus yang berbahaya karena salah dalam menyimpan. Simpan alat pelindung mulut di lemari pakaian yang bersih, sehingga terhindar dari debu dan juga kuman. Lipat bagian yang terkena mulut di dalam agar terlindungi. Saat anda bepergian pun, ada baiknya untuk membawa tempat masker.

2. Hindari Pencucian dengan Mesin

Untuk mencuci masker, sebaiknya hindari penggunaan dari mesin cuci. Hal ini berlaku untuk segala jenis masker, agar alat pelindung mulut tersebut tetap awet. Karena penggunaan dari mesin cuci dapat membuat print masker pudar, dan bahan menjadi melar akibat dari putaran mesin yang kencang. Oleh karena itu, lebih baik apabila anda mencucinya menggunakan tanga di ember. Jika terdapat noda seperti lipstick, anda dapat menggunakan sikat halus untuk membersihkannya.

3. Gunakan Deterjen

Seperti mencuci pakaian pada umumnya, anda juga dapat memanfaatkan deterjen untuk membersihkan masker. Penggunaan deterjen ini dilakukan agar kuman-kuman yang menempel hilang dan tidak tersangkut pada serat-serat kain. Selain itu, hal ini juga akan membuat alat pelindung mulut anda menjadi harum. Sehingga anda pun akan lebih nyaman saat menggunakannya kembali.

Walau pada umumnya semua deterjen sama. Namun sebaiknya gunakan detergen yang cair daripada yang bubuk untuk mencuci masker. Karena penggunaan deterjen bubuk dapat meninggalkan serbuk putih pada masker fullprint anda. Sehingga setelah dibilas pun serbuk tersebut bisa saja tetap tertinggal di sela-sela kain dan dapat terhirup. Maka sebaiknya hindari penggunaan deterjen bubuk untuk mencuci masker, dan beralih pada deterjen cair.

4. Jemur Hingga Kering

Cara menjemur masker juga merupakan hal yang penting untuk diperhatikan. Hal ini sebenarnya berlaku untuk semua jenis pakaian. Karena menjemurnya dengan kering dapat membunuh kuman yang menempel secara tuntas. Selain itu, hal tersebut juga dapat menghindarkan masker dari bau apek. Sebab, jika tidak dijemur hingga benar-benar kering, masker atau pakaian lainnya akan menjadi lembab serta menimbulkan bau yang tidak sedap.

5. Jangan Gunakan Setrika

Setelah anda mencuci dan mengeringkan masker dengan sempurna, maka jangan gunakan setrika sebelum menyimpannya. Pasalnya, panas dari setrika bisa membuat gambar dari masker fullprint anda menjadi melelah, dan dapat merobek bahan kain. Karena masker terbuat dari bahan yang halus, suhu panas yang tinggi pada setrika bisa membuat alat pelindung mulut tersebut tersobek karena menempel pada setrika. Maka sebaiknya anda hindari penggunaan setrika.

Itulah beberapa tips atau langkah-langkah yang dapat anda ikuti dalam merawat masker kain. Agar tidak boros dan terus membeli masker yang baru, maka sebaiknya anda menyimpan dan merawat dengan baik alat pelindung mulut yang sudah anda miliki. Jangan lupa untuk selalu menggunakannya kemana pun anda pergi saat ke luar rumah. Setelah penggunaan, cuci masker tersebut dengan bersih agar terhindar dari berbagai macam virus berbahaya.


0 komentar:

Posting Komentar