Kamis, 26 Maret 2020

Mengenal Custom T Shirt Menggunakan Bahan Rubber White Dan Neo Pigment


Mengenal Custom T Shirt Menggunakan Bahan Rubber White Dan Neo Pigment

Jika Anda adalah salah satu dari sekian banyak pencinta fashion yang unik dan berbeda dengan lainnya, mungkin Anda sudah familiar dengan jasa cetak kaos custom. Jasa yang cukup banyak dimintai ini menawarkan berbagai macam teknik cetak dan juga bahan yang bisa dipilih. Secara umum, beberapa bahan yang digunakan untuk custom t shirt adalah rubber dan neo pigment. Temukan informasi lebih lengkap melalui ulasan berikut ini.

Mengenal Bahan Cetak Menggunakan Neo Pigment

Neo pigment adalah nama sebuah tinta sablon yang digunakan untuk aktivitas cetak kaos custom. Dalam hal ini, tinta neo pigment digunakan untuk teknik printing digital. Bahan yang termasuk dalam jenis tinta “water resist” atau tinta tahan air ini digunakan karena proses pemakaian sangat cepat. Waktu pengeringannya terbilang cepat ramah lingkungan dan juga aman untuk tubuh. Bahkan hasilnya pun lebih awet dan tidak terpengaruh dengan cuaca.

Dengan semakin berkembangnya teknologi dan penggunaan mesin printer cetak kaos, tinta ini cukup diminati. Jika Anda bisa mengatur warna desain dan dasar pakaian, kualitas hasil custom t shirt akan sangat baik. Ditambah lagi tinta ini cukup awet dan aman. Tinta tidak akan rusak meskipun dicuci dan disetrika karena sudah menyerap dalam kain. Namun sayangnya, warna yang tersedia lebih terbatas.

Neo Pigment Tinta Non-White

Perlu Anda ketahui bahwa dalam bisnis cetak kaos bahan tinta neo pigment juga tersedia dalam dua macam. Yang pertama adalah non-white. Tipe tinta cetak ini bisa diaplikasikan untuk dasar pakaian terang atau putih, karena warnanya berbaur dengan warna dasar kaos. Warna tinta akan meresap ke kain sehingga gambar desain yang dihasilkan tampak lebih lembut, lebih bertekstur, dan terlihat lebih tajam.

Tinta Neo Pigment White

Jika Anda ingin t shirt printing dengan menggunakan dasar kain kaos berwarna gelap, maka gunakan neo pigment white. Cara yang satu ini memiliki proses yang sedikit berbeda dengan sebelumnya. Meskipun menggunakan tinta yang sama, namun tahap dimulai dengan lapisan tinta putih. Kemudian dilanjutkan dengan warna lainnya agar terlihat lebih jelas dan tidak terpengaruh dengan warna dasar pakaian yang lebih gelap.

Jenis Cetak Kaos Menggunakan Bahan Rubber

Bahan rubber juga banyak digunakan untuk jasa cetak kaos custom. Seperti namanya, bahan yang digunakan adalah karet. Bahan ini memang tidak menyerap ke dalam bahan kain, tapi hasil warna lebih cerah dan lebih tajam dari tinta neo. Bahan rubber lebih populer dipakai karena biaya yang lebih rendah dan peralatan yang sederhana. Jika cetak digital perlu alat printer yang cukup mahal, bahan ini digunakan untuk teknik cetak tradisional.

Selain itu, bahan rubber juga memiliki tiga jenis tinta yakni tinta berwarna putih, tinta penetral dan tinta transparan. Selebihnya, custom t shirt menggunakan bahan ini tidak akan mudah luntur dan sangat cocok untuk pakaian berwarna dasar gelap. Karetnya pun lebih lentur dan juga fleksibel, sehingga nyaman dikenakan. Meskipun demikian, bahan ini rawan sekali rusak setelah beberapa kali dicuci dan juga disetrika.  

Itulah ulasan singkat mengenai dua bahan yang kerap digunakan untuk jasa cetak kaos. Neo pigment digunakan untuk cetak digital dan rubber cara tradisional. Kedua bahan tersebut juga memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Untuk hasil lebih awet, neo pigment adalah pemenang. Namun untuk hasil lebih berwarna dan murah maka pilihannya adalah rubber. Anda bisa memilih sesuai kebutuhan sebelum mencetak kaos.  


0 komentar:

Posting Komentar