Selasa, 10 Desember 2019

Yuk Intip Biaya Service AC Mobil Disini


Yuk Intip Biaya Service AC Mobil Disini

Perawatan kendaraan bermotor mulai dari performa mesin hingga seluruh komponennya, merupakan salah satu cara memelihara mobil kesayangan anda agar tetap dalam keadaan prima. Jika anda mematuhi jadwal service berkala, kecil kemungkinan terjadi masalah masalah yang biaya perbaikannya bisa menguras kantong. Namun jika anda terpaksa harus mengganti sparepart, reparasi, dan service AC mobil, yuk intip besar biasanya disini!

Mengintip Biaya Servis AC Kendaraan Berdasarkan Kerusakannya

1. Bau Tidak Sedap dari AC

Salah satu masalah AC mobil yang sering dikeluhkan adalah aroma tidak sedap yang ikut terhembus bersama udara dari AC. Biasanya masalah ini muncul ketika suhu udara yang keluar dari AC juga kurang dingin. Apa penyebab utamanya? Ada banyak hal yang mengakibatkan AC beraroma apek dan udaranya pengap, misalnya bagian filter dan evaporator yang dipenuhi oleh debu dan kotoran.

Cara mengatasinya adalah dengan mencuci evaporator dan membersihkan filter. Tetapi pada beberapa kasus service AC mobil, anda juga disarankan untuk mengganti filter AC yang baru jika kotoran sudah terlalu menumpuk dan menyumbat aliran udara. Biaya yang dibutuhkan untuk pencucian evaporator dan pembersihan filter AC ini sekitar Rp 100 ribuan.

2. Isi Ulang Gas Freon AC

Gas freon AC bisa cepat habis jika terjadi kebocoran pada pipa atau selang, yang menyalurkan tekanan ke kompresor AC untuk menghasilkan udara dingin. Biaya yang dibutuhkan untuk menambal kebocoran selang ini adalah sekitar Rp100 ribuan hingga Rp 400 ribuan. Sedangkan untuk mengisi ulang freon AC yang sudah habis, anda harus merogoh kocek sebesar Rp 150 ribu hingga Rp 350 ribu.

3. Service Kondensor AC

Bagian kondensor AC juga tidak luput dari perawatan, terutama jika anda pengguna mobil di daerah perkotaan dan industri yang udaranya sudah tercemar polusi. Kondensor yang kotor harus segera dibersihkan, dengan biaya maintenance sekitar Rp 100 ribuan hingga Rp 200 ribuan. Service kondensor AC ini bisa anda lakukan di bengkel profesional SuperCar.id, yang waktu servisnya bisa anda tentukan sendiri hanya dengan mengisi form di website resminya.

4. AC Mobil Sering Mati Hidup Sendiri

Jika AC mobil tidak dingin kemungkinan mengalami kerusakan dengan salah satu indikasi sering hidup dan mati sendiri, maka anda mungkin harus mengganti beberapa spare part komponennya. Biaya yang dibutuhkan untuk service AC mobil karena kerusakan komponen ini, biasanya berkisar antara Rp 200 ribuan hingga Rp 2 jutaan. Besarnya biaya servis ini bergantung pada harga spare part yang harus diganti, dan bisa jadi tidak sama antara satu bengkel dan yang lainnya.

5. Mengganti Magnetic Clutch yang Rusak

Salah satu penyebab AC yang kurang dingin adalah kerusakan pada bagian magnetic clutch atau kopling magnetik. Nah jika mobil kesayangan anda mengalami masalah ini, maka bersiaplah untuk mengeluarkan biaya service AC mobil sekitar Rp 300 ribuan hingga Rp 800 ribuan. Besar biaya ini sama dengan biaya untuk mengganti beberapa spare part kecil, flushing, atau mengganti komponen piston.

Sebenarnya biaya perawatan AC mobil terbilang cukup terjangkau, asalkan anda melakukan servis sesuai jadwal secara rutin. Jika anda melewatkan jadwal rutin ini dan membiarkan tanda tanda kerusakan komponen AC, maka kemungkinan besar biaya servisnya menjadi cukup mahal karena harus mengganti spare part yang rusak. Oleh karena itu, kebersihan mobil dan komponen AC harus selalu dijaga, agar tetap tahan lama dan tidak mudah rusak.



0 komentar:

Posting Komentar