Sabtu, 27 April 2019

Tips Meghindarkan Diri dari Toxic People di Kantor

Tips Meghindarkan Diri dari Toxic People di Kantor

Namanya juga lingkungan kerja dengan banyak orang di dalamnya. Pasti ada saja toxic people di kantor. Orang-orang seperti ini tak cuma bikin suasana kerja jadi tak nyaman. Kalau tak hati juga bisa menusuk dari belakang, bahkan sampai membahayakan karirmu.

Toxic people memang perlu dihindari sejak awal. Tetapi bagaimana caranya agar kita tidak perlu sering berurusan dengan mereka? Berikut ini beberapa tips yang bisa dicoba.

1. Datang tepat waktu

Ini adalah salah satu cara terbaik memulai hari dengan positif. Datang tepat waktu dan mulai mengerjakan tugas secara on time akan membuat waktumu lebih efisien. Tak ada waktu untuk berinteraksi dengan toxic people, karena dirimu dikejar hal yang lebih penting untuk dilakukan.

2. Hindari pergosipan

Ketika waktunya istirahat, jangan terlalu lama berkumpul dengan orang-orang yang sekiranya suka mengeluh, suka ngomongin jeleknya bos, mengomentari penampilan sesama partner kerja dan lain sebagainya. Daripada waktumu terbuang untuk mendengarkan racun, pamitlah dengan sopan dan kembalilah ke mejamu.

3. Kenali lebih dekat orang-orang yang netral

Jika bisa, berkumpullah dengan orang-orang yang baik, yang tidak macam-macam topik pembicaraannya dan bersikap apa adanya. Seringkali kamu akan bertemu tipe-tipe orang yang penuh gengsi, namun selama mereka tidak saling menjatuhkan satu sama lain, tetap bergaullah dengan mereka.

4. Jangan terlalu terikat

Ini adalah poin utama, karena teman kerja bisa jadi musuh di kala tertentu, maka jangan terlalu dekat dan terikat atau kelemahanmu bisa diungkap dan dijadikan senjata untuk menjatuhkanmu. Bukan bermaksud berpikiran buruk, hanya saja lebihlah berhati-hati.

5. Fokus dengan pekerjaan sendiri

Pasti sangat melelahkan dan menguras energi menghadapi pekerjaan yang tidak sesuai dengan hati, apalagi dengan lingkungan sosial yang tidak sehat. Jangan beradaptasi dengan hal ini, sebaliknya, cari dan temukan pekerjaan yang cocok dan tidak membuatmu tertekan menjalaninya. Lalu kerjakan dengan fokus, agar perhatianmu tidak teralihkan pada toxic people dan racun-racun yang mereka bawa.

Demikian sejumlah tips yang bisa diterapkan untuk menghindari toxic people di kantor. Stay positive at work.

0 komentar:

Posting Komentar