Sabtu, 27 April 2019

Tips Agar Cepat Mendapat Pekerjaan bagi Sarjana Baru

Tips Agar Cepat Mendapat Pekerjaan bagi Sarjana Baru

Setelah menyelesaikan pendidikan, fokus selanjutnya dalam hidup bagi sebagian orang tentu mencari pekerjaan. Di sinilah tantangannya. Sebab, mendapatkan pekerjaan itu bukanlah perkara mudah.

Bagi sebagian orang melamar pekerjaan mungkin terasa seperti kebanyakan permainan menunggu. Tetapi ada lebih banyak yang harus dilakukan daripada hanya mengirimkan aplikasi secara online, dan mengambil langkah-langkah tambahan akan memberi Anda hasil pencarian kerja yang lebih baik.

Dikutip dari CNBC Make It, Pakar Karier untuk TopResumed, Amanda Augustine, menyampaikan beberapa tips untuk para lulusan baru agar cepat mendapatkan pekerjaan:

1. Prioritaskan Koneksi Anda

Identifikasi siapa di jaringan Anda yang sudah mapan yang saat ini bekerja atau sebelumnya bekerja di bidang yang paling Anda minati. Augustine juga menyarankan agar selalu ada teman yang sangat sosial dalam benak Anda.

"Konektor alami ini dari jaringan pribadi Anda sering dapat memperkenalkan Anda kepada orang-orang yang relevan di luar lingkaran sosial Anda yang bisa berharga selama pencarian Anda," kata Augustine.

2. Manfaatkan Jaringan Almamater Anda

Alumnifire, platform jejaring alumni, menemukan bahwa 90 persen manajer perekrutan akan lebih suka mempekerjakan sesama alumni jika memungkinkan.

Untuk menemukan alumni yang bekerja di bidang target Anda, hadiri acara alumni di daerah Anda dan gunakan LinkedIn untuk menyaring hasil pencarian. Jika Anda menemukan alumni yang terhubung ke perusahaan atau industri tertentu yang Anda minati, dekati mereka dengan percaya diri. 

3. Bergabung dengan Organisasi
Merdeka.com - Di perguruan tinggi, kelompok sosial dan klub sering dibangun dalam kehidupan kampus, tetapi untuk terus menjalin pertemanan baru dan memperluas jaringan Anda setelah lulus, Augustine menyarankan menggunakan situs web seperti Direktori Asosiasi, VolunteerMatch, dan Meetup untuk menemukan orang-orang dengan minat yang sama.

"Semakin besar jaringan Anda, semakin mudah untuk menemukan dan terhubung dengan orang lain yang dapat membantu Anda mencapai tujuan pencarian kerja Anda," katanya.

0 komentar:

Posting Komentar